Ritual Ratip Bejalan Dalam Masyarakat Berangas

Upacara yang tidak dipahami alasan konkretnya dinamakan rites dalam bahasa Inggris yang berarti tindakan atau upacara keagamaan ( Bustanuddin A, 2006 : 96 ). Ritual adalah kata sifat (adjective) dari kata rites dan juga merupakan kata benda. Sebagai kata sifat ritual adalah segala yang dihubungkan atau disangkutkan dengan upacara keagamaan, seperti ritual dance, ritual laws, sebagai kata benda adalah segala yang bersifat upacara keagamaan ( Hornby 1984 : 733 , dalam Bustanuddin A 2006 : 96 ).

Ritus berhubungan dengan kekuatan supernatural dan kesakralan sesuatu. Kerena itu istilah ritus atau ritual dipahami sebagai upacara keagamaan yang berbeda sama sekali dengan yang natural, profane dan aktivitas ekonomis, rasional sehari-hari ( Bustanuddin A 2006 : 97 ).

Menurut Otto (Koentjaraningrat, 1987:65) semua sistem religi, kepercayaan dan agama di dunia berpusat kepada suatu konsep tentang hal yang gaib (mysterium) yang dianggap maha-dahsyat (tremendum) dan keramat (sacer) oleh manusia.

Religi dan upacara religi memang merupakan suatu unsur dalam kehidupan masyarakat suku-suku bangsa manusia di dunia, analisa terhadap religi dan upacara religi dalam masyarakat dan kebudayaan, dianggap sebagai usaha mencari azas-azas religi kuno dan usaha memecahkan masalah asal mula religi (Koentjaraningrat, 1987:57).

Masyarakat adalah kumpulan Individu yang menempati suatu daerah atau tempat yang memiliki suatu budaya yang sama dan diikat dengan suatu adat istiadat yang dilahirkan oleh masyarakat itu sendiri. Masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama yang menghasilkan kebudayaan (Sosiologi Suatu Pengantar karangan Soerjoo Soekanto : hal 24). Dilihat dari kuantitasnya, masyarakat merupakan komunitas terbesar yang ada dalam suatu daerah yang didalamnya terdapat banyak kumpulan individu yang disebut dengan keluarga.

Desa Berangas adalah sebuah desa yang terletak dipinggiran kota tepatnya berada diperbatasan antara Kota Madya Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala. Secara hukum desa Berangas terletak dikecamatan Alalak yang masih termasuk didalam wilayah Kabupaten Barito Kuala. Desa ini juga dapat dikategorikan desa yang cukup maju karena masyarakatnya sudah menggunakan teknologi yang berasal dari luar.

Masyarakat Berangas berasal dari Orang dayak yang secara turum temurunmendiami daerah sekitar atau sepanjang sungai Alalak. Bahasa yang mereka pakai dalam kehidupan sehari-hari adalah bahasa Banjar, tetapi mereka meliki bahasa tersendiri yang disebut dengan bahasa Berangas. Bahasa berangas ini bisa dikatakan serumpun dengan bahasa Awen (bahasa dayak hulu) karena meliki banyak persamaan dan tidak ada perbedaan yang mencolok.

Ratip bejalan merupakan kepercayaan yang masih dilakukan oleh masyarakat berangas yang dipercaya dapat mengusir atau menghindarkan masyarakat disana dari bencana (bala). Ritual ini dilakukan oleh semua masyarakat yang didesa berangas (khususnya berangas tengah). Sebelum dilakukannya riual ini, para pemuka agama terlebih dahulu mengumumkan kepada masyarakat melalui pengeras suara yang ada disurau-surau.

Pelaksanaannya biasanya dilakukan setelah shalah Isya berjamaah yang dimulai dari desa Berangas paling barat (Berangas Tengah Rt 01) lalu berjalan bersama-sama yang mana disepanjang jalan para peserta ritual sudah menunggu. Peserta dari ritual ini hanya dikhususkan untuk kaum pria saja dan di kepalai oleh seorang pemuka agama yang membawa kitab suci Al-Qur’an sebagai orang yang paling depan berjalan. Tempat tujuan dari ritual ini adalah sebuah tempat yang ditandai dengan pertemuan tiga buah alur sungai yang disebut oleh masyarakat disana sebagi ulak (Ulak adalah arus air yang berputar) dan diakhiri dengan adzan serta memanjatkan do’a untuk keselamatang kampung.

Dalam pelaksanaannya sangat terlihat kebersamaan dari anggota masyrakat yang satu dengan yang lain karena sebelum mengadakan upacara para pemudanya saling berkomunikasi satu sma lain. Disamping hal itu, pada siang hari para wanitanya juga menyiapkan perlengkapan ritual berupa ketupat yang bentuk berbeda-beda (ada yang bentuk biasa sampai berbentuk burung).

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s